Translate

Sabtu, 23 April 2011

Tentang Octavio Paz

Octavio Paz lahir tahun 1914 di Mexico city . Mexico . selama hidupnya ia selalu berpindah pindah sesuai dengan profesinya sebagai diplomat . Selama Perang Dunia II , ia berada di AS , kemudian Perancis dan yang terakhir di India tahun 1968 . Kumpulan puisi pertamanya Libertrad Bajo Paladra 1949 yang terpenting adalah salamandra (1962) dan Ladera este (1969). Ia tidak hanya menulis puisi, tetapi juga esai dan sebuah kumpulan puisi-prosa. Menurut sejumlah pengamat, puisi-puisi Paz menampilkan erotisme yang bersumber dari kegelisahan dan kesepian manusia, sakaligus suatu cara berkomunikasi untuk memecahkan kesunyian itu sendiri. Puisi-puisinya di nilai mengandung muatan pemikiran surrealistik yang kaya makna. Paz menerima hadiah nobel untuk kasusastran tahun 1990 dan meninggal tahun 1998. 

Beberapa hal mengenai Octavio Paz, dapat dilihat di link di bawah ini:
  1.  Biografi Lengkap Octavio Paz dan Penghargaan Nobel dalam Sastra 1990 Octavio Paz Octavio Paz.
  2. Octavio Paz, 1985, Topeng Bangsa Meksiko dengan judul dalam Bahasa Inggris “Mexican Masks” yang termaktub di dalam The Labyrinth of Solitude, diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Lysander Kemp, Grove Press, Inc., NY, USA, hal. 40-46 dialihbahasakan ke bahasa Indonesia oleh Ferdiansyah Thajib. 
  3. Octavio paz, amerika latin, dan senjakala modernisme, yang diunggah dari tulisan Nirwan Dewanto di Tempo Interaktif.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...