Translate

Jumat, 06 Mei 2011

P. Ramlee

Tan Sri Datuk Amar Dr P. Ramlee, PSM, AMN, DA (P) (Sarawak) (22 Maret 1929-29 Mei 1973) adalah seorang aktor film Malaysia, sutradara, penyanyi, pencipta lagu, komposer, dan produser. Karena kontribusi kepada industri film dan musik dan karya sastra, ia sering dianggap ikon hiburan Melayu di Malaysia, Singapura, dan Sumatera (khususnya di Aceh karena nenek moyangnya).

P. Ramlee lahir Teuku Zakaria bin Teuku Nyak Puteh, pada hari pertama festival Idul Fitri, yang jatuh pada tanggal 22 Maret 1929. Ayahnya, Teuku Nyak Puteh, adalah seorang pelaut dari Aceh, yang kemudian menikahi Che Mah Hussain.He dihadiri Sekolah Melayu Kampung DKI (bahasa Inggris: Kampung Melayu DKI Sekolah) dan Francis Light Sekolah sekolah dasar. Selanjutnya ia pergi ke sekolah yang terkenal Penang Free School sekunder sampai Perang Dunia II pecah. Selama tahun-tahun Pendudukan Jepang di Malaya, ia melanjutkan studinya di Akademi Angkatan Laut Jepang. Ketika perang berakhir, ia melanjutkan studinya di Penang Free School. Dia sangat aktif dalam sports.He meninggal 29May1973.

Pada 1947, ia memenangkan tempat pertama dalam kompetisi lagu yang diselenggarakan oleh Radio Penang. Tujuh tahun setelah karir aktingnya dimulai, P. Ramlee mengarahkan film pertamanya Penarek Becha. Pada tahun 1957, P. Ramlee muncul di pertama-nya Bujang Lapok film komedi, di mana ia bertindak bersama dengan Aziz Sattar dan S. Shamsudin, dan yang masih populer di kalangan pengamat film modern Melayu. Selama karirnya ia diarahkan dan bertindak dalam enam puluh enam film, dan memiliki lebih dari 360 lagu untuk kreditnya.

Ia kembali secara permanen ke Kuala Lumpur setelah bertahun-tahun dengan Shaw Brothers di Singapura, namun, ia tidak akan pernah diharapkan kembali permanen itu akan menandai awal kejatuhannya. Film terakhirnya adalah Laksemana Do Re Mi pada tahun 1972 dan lagu dan lirik terakhir sebelum kematiannya pada tahun 1973 adalah Air Mata di Kuala Lumpur (Air mata di Kuala Lumpur). Dalam lagu terakhir, lirik menggambarkan perasaan hancur dan serangkaian kekecewaan dan kemunduran setelah kembali ke Malaysia setelah bertahun-tahun di Singapura.

Pada tanggal 27 Mei 1973, P. Ramlee meninggal dunia pada usia 44 akibat serangan jantung dan dimakamkan di Pemakaman Muslim Jalan Ampang, Kuala Lumpur kematiannya Nya adalah kejutan besar untuk bangsa, dan rasa bersalah kolektif mulai menyebar nasional, seperti sebelum kematiannya, ia telah didiskreditkan dan ditolak oleh bangsa sendiri, dengan alasan bahwa ia kemudian 'telah', dan lagu-lagu dan film tidak lagi berharga.

Pada tahun 1986 (13 tahun setelah kematiannya), untuk menghormati kontribusi kepada industri hiburan Malaysia, P. Ramlee Memorial atau Pustaka Peringatan P. Ramlee dibangun di Setapak, Kuala Lumpur. Pada tahun 1982, Jalan Parry, di pusat kota Kuala Lumpur, berganti nama menjadi Jalan P. Ramlee untuk menghormatinya. Pada tahun 1990, ia secara anumerta dianugerahi gelar kehormatan Malaysia Tan Sri, dan kemudian pada tahun 2009, gelar kehormatan "Datuk Amar 'oleh Pemerintah Negara Bagian Sarawak. Ketua Menteri Sarawak, Abdul Taib Mahmud, penggemar avid dari P. Ramlee, disajikan penghargaan kepada anak angkatnya, Dian P. Ramlee, dalam sebuah upacara menghormati seniman veteran di Kuching. Pada tanggal 31 Oktober 2010, sebuah film dokumenter 90 menit tentang hidupnya disiarkan di History Channel Asia.

P. Ramlee The House adalah sebuah museum yang terletak di sepanjang Jalan P. Ramlee (sebelumnya Caunterhall Jalan) di Penang, Malaysia. Bangunan ini adalah rumah kayu dipulihkan bahwa memperingati P. Ramlee an, penyanyi terkemuka Malaysia, aktor, komposer, dan direktur. Awalnya dibangun pada tahun 1926 oleh ayahnya dan pamannya, rumah sebelumnya mengalami perbaikan berturut-turut sebelum diambil alih oleh Arsip Nasional sebagai perpanjangan proyek P. Ramlee Memorial di Kuala Lumpur. Produk yang dipajang di rumah meliputi riwayat hidupnya, memorabilia pribadi yang berkaitan dengan hidupnya di Penang, dan barang-barang milik keluarganya. (Wikipedia, yang diterjemahkan melalui halaman terjemahan google)

Berikut daftar lagu P. Ramle yang dapat didownload:
  1. P. Ramlee - Dari Masa Hingga Masa.MP3 (Download)
  2. P. Ramlee - Dendang Perantau.MP3 (Download)
  3. P. Ramlee - Bujang Lapok.MP3 (Download)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...